PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMART (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DI ALFAMART JALAN KARYA SEI AGUL MEDAN)
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpromosidankualitaspelayananterhadapkepuasan konsumen di Alfamart jalan KaryaSei Agul Medan baiksecaraparsial maupunsimultan.Variabel yang digunakanadalah (1) Promosi, (2) KualitasPelayanandan (3)Kepuasan Konsumen. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian inimenggunakan Accidental Sampling.Populasi dalampenelitianiniadalahseluruhkonsumenAlfamartjalanKaryaSeiAgul Medan yang berbelanja minimal 2x sedangkansampel dalampenelitianini sebanyak 60 orang responden dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pendekatandanteknikanalisis yang digunakan dalam penelitianini adalahregresiberganda, ujiparsialdanujisimultandenganmenggunakan software SPSS for windows versi 20.
Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehpersamaanregresisebagaiberikut:
Y = 2,098 + 0,127X1 + 0,462X2 dapatdisimpulkan bahwa variabelpromosi dankualitas pelayananberpengaruhpositifterhadapkepuasankonsumen. Diketahuijugabahwavariabelkualitaspelayananlebihdominanberpengaruhterhadapkepuasankonsumenkarenakoefisienregresikualitaspelayanan (0,426),dankoefisienpromosi (0,127). Dari hasilperhitunganUji t (Parsial) Variabel X1 yaitu Promosi0.810 < 2.001; H0 diterimadan H1 ditolak, artinyavariabelbebastidakberpengaruh signifikanterhadap variabelterikat.Variabel X2 yaitu Kualitas Pelayanan4.679 > 2.001; H0 ditolakdan H1 diterima, artinya variabelbebasberpengaruhsignifikanterhadapvariabelterikat.
SecarasimultanvariabelPromosi (X1) danKualitasPelayanan (X2) mempunyaipengaruhpositifdansignifikanterhadapkepuasankonsumen. Hal iniditunjukkandari hasilperhitunganFhitung = 27.783 >Ftabel = 3.16. Dari hasil Determinasi (R2) diperolehnilai (R2) sebesar 49.4% berarti X yaituPromosidanKualitasPelayanansebagaivariabelbebas, dapatmenjelaskansebesar 49.4% terhadapvariabel Y yaituKepuasanKonsumensebagaivariabelterikat. Sedangkansisanya sebesar 50.6% akan dijelaskanolehvariabel-variabellainnya, diluardarivariabelpenelitian yang mampumempengaruhinilaivariabelterikat.
Collections
- Manajemen [1151]