Show simple item record

dc.contributor.authorManalu, Andriono
dc.date.accessioned2019-05-14T06:09:13Z
dc.date.available2019-05-14T06:09:13Z
dc.date.issued2018-03-01
dc.identifier.citationAnderson, 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Belajar.en_US
dc.identifier.issn2356-2595
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2189
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan prosedural siswa melalui menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Pemuaian Zat kelas VII Semester I di SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018 terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil satu kelas VII-E disebut kelas uji coba yang berjumlah 46 orang dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan prosedural siswa adalah tes pengetahuan prosedural yang dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal dan semua soal yang telah dilakukan validasi oleh 2 validator dengan nilai rata-rata 83,5berkategori valid. Sebelum perlakuan pembelajaran diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, diperoleh rata-rata pretest adalah 33,56. Setelah diberi perlakuan pembelajaran dilakukan posttest, diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 77,60. Berdasarkan hasil perolehan gain score adalah 0,66 masuk dalam interval 0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan kategori sedang. Sehingga diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pengetahuan prosedural siswa pada materi pokok Pemuaian Zat kelas VII Semester I SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Suluh Pendidikanen_US
dc.relation.ispartofseries5;1
dc.subjectModel Pembelajaran Inkuiri Terbimbingen_US
dc.subjectPengetahuan Proseduralen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record