PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan prosedural siswa melalui
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Pemuaian Zat kelas
VII Semester I di SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah pre-experimental design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018 terdiri dari 7
kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil
satu kelas VII-E disebut kelas uji coba yang berjumlah 46 orang dengan menggunakan model
pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengetahuan
prosedural siswa adalah tes pengetahuan prosedural yang dalam bentuk essay dengan jumlah
10 soal dan semua soal yang telah dilakukan validasi oleh 2 validator dengan nilai rata-rata
83,5berkategori valid. Sebelum perlakuan pembelajaran diberikan pretest untuk mengetahui
kemampuan awal siswa, diperoleh rata-rata pretest adalah 33,56. Setelah diberi perlakuan
pembelajaran dilakukan posttest, diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 77,60. Berdasarkan
hasil perolehan gain score adalah 0,66 masuk dalam interval 0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan kategori
sedang. Sehingga diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri
terbimbing terhadap pengetahuan prosedural siswa pada materi pokok Pemuaian Zat kelas
VII Semester I SMP Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar T.P. 2017/2018.