dc.contributor.author | SIJABAT, OSCO PARMONANGAN | |
dc.date.accessioned | 2019-05-08T04:50:23Z | |
dc.date.available | 2019-05-08T04:50:23Z | |
dc.date.issued | 2018-07-31 | |
dc.identifier.citation | Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.identifier.uri | repository.uhn.ac.id | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2180 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dan tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk perangkat pembelajaran dan model penilaian otentik yang efektif. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadopsi model Dick & Carey, Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah siswa, dimana rataan skor siswa pada saat pretes adalah 12,25, kemudian 67,72 pada saat formatif I, meningkat menjadi 70,55 pada saat formatif II dan menjadi 73,20 pada saat postes setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dari segi ketuntasan, diperoleh bahwa ketuntasan pada formatif I adalah 62,50%, meningkat pada formatif II yaitu 75% dan pada postes adalah 77,5%. Peningkatan yang terjadi termasuk kategori sedang (rataan N-gain = 0,694) dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan (pada postes), yaitu ada 31 dari 40 siswa (77,5%) mendapatkan nilai lebih dari 2,66 (B-). | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.publisher | repository.uhn.ac.id | en_US |
dc.subject | Perangkat Pembelajaran, Penilaian Otentik, Model Jigsaw, Pemecahan Masalah | en_US |
dc.title | Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Otentik Berbasis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar | en_US |
dc.type | Article | en_US |