Show simple item record

dc.contributor.authorSIJABAT, OSCO PARMONANGAN
dc.date.accessioned2019-05-08T04:50:23Z
dc.date.available2019-05-08T04:50:23Z
dc.date.issued2018-07-31
dc.identifier.citationUniversitas HKBP Nommensenen_US
dc.identifier.urirepository.uhn.ac.id
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2180
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dan tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk perangkat pembelajaran dan model penilaian otentik yang efektif. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadopsi model Dick & Carey, Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah siswa, dimana rataan skor siswa pada saat pretes adalah 12,25, kemudian 67,72 pada saat formatif I, meningkat menjadi 70,55 pada saat formatif II dan menjadi 73,20 pada saat postes setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dari segi ketuntasan, diperoleh bahwa ketuntasan pada formatif I adalah 62,50%, meningkat pada formatif II yaitu 75% dan pada postes adalah 77,5%. Peningkatan yang terjadi termasuk kategori sedang (rataan N-gain = 0,694) dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan (pada postes), yaitu ada 31 dari 40 siswa (77,5%) mendapatkan nilai lebih dari 2,66 (B-).en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas HKBP Nommensenen_US
dc.publisherrepository.uhn.ac.iden_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaran, Penilaian Otentik, Model Jigsaw, Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Otentik Berbasis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record