• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Otentik Berbasis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar

    Thumbnail
    View/Open
    PENELITIAN JULI 2018.pdf (1.818Mb)
    Date
    2018-07-31
    Author
    SIJABAT, OSCO PARMONANGAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dan tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk perangkat pembelajaran dan model penilaian otentik yang efektif. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadopsi model Dick & Carey, Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai kemampuan pemecahan masalah siswa, dimana rataan skor siswa pada saat pretes adalah 12,25, kemudian 67,72 pada saat formatif I, meningkat menjadi 70,55 pada saat formatif II dan menjadi 73,20 pada saat postes setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dari segi ketuntasan, diperoleh bahwa ketuntasan pada formatif I adalah 62,50%, meningkat pada formatif II yaitu 75% dan pada postes adalah 77,5%. Peningkatan yang terjadi termasuk kategori sedang (rataan N-gain = 0,694) dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan (pada postes), yaitu ada 31 dari 40 siswa (77,5%) mendapatkan nilai lebih dari 2,66 (B-).
    URI
    repository.uhn.ac.id
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2180
    Collections
    • LP - Report Research [230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback