dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing proses sains terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Kalor dan Perubahannya di Kelas VII SMP Negeri 4 Lintongnihuta Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen, dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Lintongnihuta yang terdiri dari 6 kelas. Sampel di ambil dari populasi sebanyak dua kelas yang memiliki nilai rata-rata yang tidak jauh berbeda. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah pilihan ganda yang telah divalidkan. Hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,89 dan rata-rata pretes kelas kontrol 40,68. Perhitungan uji t diperoleh thitung =0,51 < ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 0,05. Ini berarti tidak ada perbedaan kemampuan awal kedua kelas. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,41 dengan standar deviasi 9,41 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 62,93 dengan standar deviasi 7,62. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel populasi terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak ( = 0,05). Dengan kata lain model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif digunakan pada materi pokok Kalor dan Perubahannya di kelas VII SMP Negeri 4 Lintongnihuta T.P.2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan efektifitas model pembelajaran inkuiri sebesar 42,18%. | en_US |