Show simple item record

dc.contributor.authorDaely, Rista
dc.date.accessioned2018-12-06T05:28:02Z
dc.date.available2018-12-06T05:28:02Z
dc.date.issued2017-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1917
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika pada SMK Negeri 11 Medan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian yang melibatkan populasi dengan jumlah populasi 75 siswa. Data dikumpulkan dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Perhitungan dilakukan dengan uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas sebaran dan uji linieritas hubungan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik korelasi product moment dari kendall dengan bantuan analisis program SPSS (statistical package for social sciences) for windows 17,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata/mean dukungan sosial teman sebaya pada siswa SMK Negeri 11 Medan adalah 87,13 atau dalam kategori tinggi, (2) rata-rata/mean motivasi belajar pada siswa SMK Negeri 11 Medan adalah 125,18 atau dalam kategori rendah, dan (3) tidak terdapat hubungan positif dan signifikan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Matematika pada Siswa SMK Negeri 11 Medan. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih kecil dari r tabel (0,05>-0,146) dan nilai signifikansi sebesar 0,073 yang berarti besar dari 0,05 (0,073>0,05).en_US
dc.subjectDukungan Sosial,en_US
dc.subjectmotivasi belajar,en_US
dc.subjectTeman Sebayaen_US
dc.titleHubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada mata Pelajaran Matematika pada Siswa SMK Negeri 11 Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record