Efektivitas Model Pembelajaran Show Not Tell) TerhadapKemampuanMemproduksi Teks Eksplanasi Oleh SiswaKelas VIII SMP Negeri 19 Medan TahunPembelajaran 2018/2019
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Efektivitas model Show Not Tell terhadap kemampuan menuliskan teks eksplanasi padasisiwakelas VIII SMP Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkank efektifan model Show Not Tell.
Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswa/i kelas SMP Negeri 19 Medan tahunpembelajaran 2017/2018 yang terdirdari 9 kelas yang berjumlah 360 orang. Dari populasitersebuditetapkansampel yang berjumlah 80 orang.Dengandesaineksperimen yang digunakanadalahTwo Group Post-test Only.Untukmemperoleh data yang diperlukandigunakantespenugasan memproduksi teks eksplanasi.
Dari analisa data diperolehhasilpost-test controlsiswasebelummenggunakan model pembelajaranShow Not Tellmenunjukanbahwanilai rata-rata siswasebesar 62,60 sedangkanhasilpost-test eksperimensiswasetelahmenggunakan model Show Not Tellmenunjukanbahwanilai rata-rata siswasebesar 72,82. Hasilujihipotesisdenganuji t diperolehthitung=6,1473 sedangkan nilai ttabelpadatarafsignifikan α = 0,05adalah 1,6840. Olehsebabitudiperolehthitung>ttabel (6,1473 > 1,6840), makahipotesis alterative (Ha) diterimadanhipotesisnol (Ho) ditolak.
Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwamenggunakan model Show Not Telldapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalam memproduksi teks eksplanasi.