PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PT GRAB INDONESIA (GRABCAR) DI MEDAN. STUDI KASUS PADA MAHASISWA YANG TINGGAL DI WILAYAH MEDAN TIMUR.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh Harga dan Promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa GrabCar (studi kasus) pada mahasiswa yang tinggal di Wilayah Medan Timur. Populasi jasa trasportasi GrabCar pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang tinggal di Wilayah Medan Timur. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 50 orang. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis variabel yang digunakan dalam regresi linear berganda. Hasil analisis data yang diperoleh dari persamaan regresi berganda yaitu Y=0,267 +0,278X1+0,254 X2+ε
Berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Dimana nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05.Uji F menunjukkan secara serentak variabel harga dan promosi berpengaruh simultan terhadap keputusan konsumen. Dimana nilai Fhitung 40,438lebih besar dari Ftabel 3,183. Analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 79,5% yang berarti variabel keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sebesar 79,5% sedangkan sisanya 20.5% dijelaskan oleh variabel lain sepertipelayanan supir, integritas supir, sikap supir dan motivasi konsumen untuk menggunakan GrabCar.
Collections
- Manajemen [1151]