PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSSITAS HKBP NOMMENSN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan.Jumlah responden yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 responden dengan menggunakan metode purposive sampling.Sebagai variabel independen, yaitu bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, dan bukti fisik sedangkan variabel dependennya adalah keputusan memilih.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diolah dapat diketahui bahwa variabel bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih. Hal ini dapat dilihat dari metode regresi liniear berganda yaitu Y = 11, 121 + 0,285X1 + 0,10X2 + 0,351X3 + 0,614X4 + 0,419X5 + 0,217X6 + 0,350X7 dimana dengan cara uji signifikan (uji F) bahwa Fhitung > F tabel ( 14,993 > 2,04 ) dengan taraf signifikan 5%, bahwa variabel bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan memilih. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,547 atau 54,7% yang berarti variabel terikat yaitu keputusan pembelian, dapat dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, bukti fisik, dan sisanya 45,3% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam model regresi penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1011]