Pengaruh Interaksi Edukatif dan Pemberian Reward terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta HKBP Sidorame Medan T.A 2017/2018.
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah interaksi edukatif dan pemberian Reward memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame Medan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu keseluruhan populasi yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan realitas angket dihitung menggunakan cronbch Alpha. Teknik analisis data menggunakan adalah uji normalitas, uji linearitas. Berdasarkan analisis dengan menggunakan program SPSS v-20. Diproleh persamaan regresi linier berganda Y = 75,283 + 0,458 X1 + 0,391 X2. Variabel interaksi edukatif memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig<0,002 < 0,05 dan ttabel> ttabel (3,332 > 1,674). Variabel Reward memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan sig<0,004 < 0,05 dan thitung > ttabel (3,047 > 1,67).Secara bersama-sama interaksi edukatif dan pemberian reward memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan sig <0,05 atau 0,00 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ineraksi edukatif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dan pemberian Reward memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]