PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA EKA PRASETYA HELVETIA MEDAN T.A. 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA EkaPrasetya Helvetia MedanT.A.2018/2019.Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttestdengan jumlah populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XSMA EkaPrasetya HelvetiaMedan dengan Teknik populasi yang digunakan adalah Total Sampling. Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 Sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 71 dengan standar deviasi 14,93 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 65 dengan standar deviasi 12,24. Hasil uji data posttes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 1,831 sedangkan nilai ttabel 1,671. Hal ini menunjukkan thitung >dari ttabel yang berarti hipotesis penelitian yang menyatakan ada “Pengaruh Model pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA EkaPraseta Helvetia MedanT.A. 2018/2019”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positifdan signifikan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA EkaPrasetya Helvetia Medan T.A. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]