Show simple item record

dc.contributor.authorLumban Raja, Hotdinar.
dc.date.accessioned2018-03-07T06:01:42Z
dc.date.available2018-03-07T06:01:42Z
dc.date.issued2016-03-22
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/168
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh strategi DWA (Direct Writing Activity) Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran Toba Samosir tahun pembelajaran 2016/2017 berjumlah 259. Sampelnya ada 36 siswa dengan menggunakan cluster sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes untuk menulis paragraf eksposisi dengan topik “Kegunaan Sayuran Hijau Bagi Kesehatan Manusia dan Kebersihan Lingkungan”. Data skor berupa skor hasil menulis siswa berdasarkan aspek penilaian paragraf eksposisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Postest Design dan instrumen penelitiannya adalah menulis paragraf eksposisi yang berbentuk tes penugasan. Untuk melihat Pengaruh Strategi DWA (Direct Writing Activity) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi akan diuji dengan menggunakan statistik “t”. Data yang diperoleh dianalisis dengan mencari Mean (nilai rata­rata) yaitu dengan menggunakan rumus : Mx = (∑▒x)/N untuk variabel x hasilnya 56,27 dan rumus My = (∑▒y)/N untuk variabel y hasilnya adalah 80,20. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa nilai tes posttest lebih tinggi dari nilai pretest Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji “t” dengan rumus. t = (¯x_(1^ )-¯x_(2^ ))/(S√(1/n_1 )+1/n_2 ) Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk (n1 + n2) – 2= (36+36-2) = 70. Maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,66691. Oleh sebab itu, diperoleh thitung > ttabel (55,931 > 1,66691) oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi DWA (Direct Writing Activity) lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Habinsaran Toba Samosir tahun pembelajaran 2016/2017.en_US
dc.subjectDWA (Direct Writing Activity)en_US
dc.subjectmenulis paragraf eksposisien_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Strategi DWA (Direct Writing Activity) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran Toba Samosir Tahun Pembelajaran 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record