• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Strategi DWA (Direct Writing Activity) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran Toba Samosir Tahun Pembelajaran 2016/2017

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Hodinar.pdf (91.64Kb)
    Date
    2016-03-22
    Author
    Lumban Raja, Hotdinar.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh strategi DWA (Direct Writing Activity) Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran Toba Samosir tahun pembelajaran 2016/2017 berjumlah 259. Sampelnya ada 36 siswa dengan menggunakan cluster sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes untuk menulis paragraf eksposisi dengan topik “Kegunaan Sayuran Hijau Bagi Kesehatan Manusia dan Kebersihan Lingkungan”. Data skor berupa skor hasil menulis siswa berdasarkan aspek penilaian paragraf eksposisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Postest Design dan instrumen penelitiannya adalah menulis paragraf eksposisi yang berbentuk tes penugasan. Untuk melihat Pengaruh Strategi DWA (Direct Writing Activity) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi akan diuji dengan menggunakan statistik “t”. Data yang diperoleh dianalisis dengan mencari Mean (nilai rata­rata) yaitu dengan menggunakan rumus : Mx = (∑▒x)/N untuk variabel x hasilnya 56,27 dan rumus My = (∑▒y)/N untuk variabel y hasilnya adalah 80,20. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa nilai tes posttest lebih tinggi dari nilai pretest Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji “t” dengan rumus. t = (¯x_(1^ )-¯x_(2^ ))/(S√(1/n_1 )+1/n_2 ) Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk (n1 + n2) – 2= (36+36-2) = 70. Maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,66691. Oleh sebab itu, diperoleh thitung > ttabel (55,931 > 1,66691) oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi DWA (Direct Writing Activity) lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Habinsaran Toba Samosir tahun pembelajaran 2016/2017.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/168
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback