PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING (INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ADIANKOTING T.A. 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Direct Learning (Instruction) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adiankoting T.A.2018/2019 .
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest dengan jumlah populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adiankoting dengan Teknik populasi yang digunakan adalah Total Sampling. Kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-2 Sebagai kelas kontrol.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 76,71 dengan standar deviasi 11,24 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 70,86 dengan standar deviasi 10,47. Hasil uji data posttes menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.
Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,30 sedangkan nilai ttabel 1,66. Hal ini menunjukkan thitung > dari ttabel yang berarti hipotesis penelitian yang menyatakan ada “Pengaruh Model pembelajaran Direct Learning (Instrution) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adiankoting T.A. 2018/2019”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Model Pembelajaran Direct Learning (Instrution) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adiankoting T.A. 2018/2019.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]