Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Materi Gelombang Bunyi Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi Gelombang Bunyi di kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 8 Medan terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 170 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar kepada seluruh kelas, sehingga diperoleh kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa. Instrument yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 orang guru bidang studi pendidikan fisika. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,88 dengan standar deviasi 11,79 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 68,00 dengan standar deviasi 14,27. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel populasi terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak ( = 0,05) menyatakan normal dan homogen serta uji hipotesis satu pihak thitung > ttabel (4,538 > 1,667). Dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi Gelombang Bunyi di kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2017/2018.Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 17,47 %
Collections
- Pendidikan Fisika [122]