• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Materi Gelombang Bunyi Di Kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Novita Sari.pdf (231.8Kb)
    Date
    2018-08-25
    Author
    Sari, Novita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi Gelombang Bunyi di kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan Provinsi Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 8 Medan terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 170 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar kepada seluruh kelas, sehingga diperoleh kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 40 siswa dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 40 siswa. Instrument yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 orang guru bidang studi pendidikan fisika. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,88 dengan standar deviasi 11,79 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 68,00 dengan standar deviasi 14,27. Hasil uji prasyarat data postes menyatakan sampel populasi terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t satu pihak ( = 0,05) menyatakan normal dan homogen serta uji hipotesis satu pihak thitung > ttabel (4,538 > 1,667). Dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi Gelombang Bunyi di kelas XI Semester II SMA Negeri 8 Medan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2017/2018.Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 17,47 %
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1431
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback