Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya
meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran
Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas
VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Cooperative
Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VII SMP
Negeri 3 Pematangsiantar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar yang
berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, dimana selama
dalam penelitian setiap siklus mengandung sejenis model tindakan yang semakin
dimantapkan.
Hasil penelitian yang diperoleh melalui model pembelajaran Student Team
Achievement Division di kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar yaitu dapat
meningkatkan motivasi belajar yang terdapat pada persen motivasi klasikal siswa
tiap siklus dimana, siklus I (pertemuan I) = 32,25%, siklus I (pertemuan II) =
41,93%, angket siklus I = 32,25%, siklus II (pertemuan I) = 54,83%, siklus II
(pertemuan II) = 64,51%, angket siklus I = 61,29%, siklus III (pertemuan I) =
74,19%, siklus III (pertemuan II) = 87,09%, angket siklus III = 87,09%. Perlu
dilakukan penelitian yang berkesinambungan untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran hingga dapat menemukan model pembelajaran yang akurat dan
memberikan hasil yang maksimal.
Collections
- LP - Report Research [230]