• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - Report Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar

    Thumbnail
    View/Open
    Laporan Hasil Penelitian Tahun 2016.pdf (657.5Kb)
    Date
    2016-03-01
    Author
    Siahaan, Theresia Monika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, dimana selama dalam penelitian setiap siklus mengandung sejenis model tindakan yang semakin dimantapkan. Hasil penelitian yang diperoleh melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division di kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar yang terdapat pada persen motivasi klasikal siswa tiap siklus dimana, siklus I (pertemuan I) = 32,25%, siklus I (pertemuan II) = 41,93%, angket siklus I = 32,25%, siklus II (pertemuan I) = 54,83%, siklus II (pertemuan II) = 64,51%, angket siklus I = 61,29%, siklus III (pertemuan I) = 74,19%, siklus III (pertemuan II) = 87,09%, angket siklus III = 87,09%. Perlu dilakukan penelitian yang berkesinambungan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran hingga dapat menemukan model pembelajaran yang akurat dan memberikan hasil yang maksimal.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1412
    Collections
    • LP - Report Research [230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback