PENGARUH CUSTOMER VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU PAKET TRI
Abstract
Customer valueataunilaipelangganadalahpersepsia taupenilaian seseorang mengenaiapa yang didapat oleh pelanggan atas pengorbanan yang dilakukannya.Masalahdalampenelitianiniyaituapakahada pengaruh Customer value yang terdiridari product value, service value, dancost valueterhadaployalitas pelanggankartu paketTri. Loyalitas pelangganmerupakankesetiaan, yaitukesetiaanseseorangterhadapsuatuobjekmelaluipembeliandaninteraksi yang seringselamaperiodewaktutertentu.Salah satufaktor yang menentukanloyalitaspelangganadalahcustomer value (nilaipelanggan)yang terdiridari 5 (lima) elemenyaitu: Product value, service value, personnel value, image value, dancost value.Dalampenelitianini, penelitimembatasimasalahhanyapada 3 (tiga) elemensajayaitu: Product value, service value, dancost value.
TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadapengaruhCustomer value yang terdiridariproduct value, service value, dancost valueberpengaruhterhadaployalitaspelanggankartupaketTri di FakultasPertanian Universitas Medan Area.Hipotesis daripenelitianiniterdapatpengaruhcustomer valueterhadaployalitaspelanggan.Metodepenelitian yang digunakanyaitumetodepenelitiankuantitatifdengan data yang diperolehmelaluipenyebarankuisionerterhadap 60 orang mahasiswaresponden.
Melalui penelitian initerdapatpengaruh yang signifikanantaraproduct value, service valuedancost valueterhadaployalitaspelanggandenganUji-t, untuk variable x1(product value)diperolehthitung>ttabel (0,386>0,05), untuk variable x2 (service value) thitung<ttabel (0,00<0,05) danuntuk x3 (cost value) thitung>ttabel (0,317>0,05). SedangkanFhitung<Ftabel(0,00< 0,05). Dapatdisimpulkanbahwaadanyapengaruh yang signifikanantaracustomer value (product value, service value, dancost value) terhadaployalitaspelanggan.Untukitudisarankankepada PT. Hutchison 3 Indonesia untukmemperhatikancustomer value (nilaipelanggan) dengandimensiproduct value, service value,dancost value.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]