• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Pertanian
    • Agribisnis
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Pertanian
    • Agribisnis
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI USAHATANI KOPI ARABIKA SERTA SISTEM PEMASARAN

    Thumbnail
    View/Open
    Jenri Siburian.pdf (272.0Kb)
    Date
    2025-10
    Author
    Siburian, Jenri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam penelitian ini dirumuskan masalah yaitu : 1.Bagaimana pendapatan usahatani kopi arabika di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan. 2. Bagaimana tingkat efisiensi usahatani kopi arabika di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan 3. Bagaimana sistem pemasaran pemasaran kopi arabika di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan (saluran pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran). Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui berapa pendapatan usahatani kopi arabika di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan 2) Untuk mengetahui tingkat efisiensi usahatani kopi arabika di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan 3) Untuk mengetahui sistem pemasaran pemasaran kopi arabika di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan. (saluran pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran). Sampel petani dalam penelitian diambil secara sengaja (purposive) sedangkan pemilihan sampel lembaga pemasaran biji kopi menggunakan metode snowball sampling. Metode snowball sampling yang dilakukan dalam penelitian ini dengan mengikuti alur saluran pemasaran dari lembaga perantara hingga konsumen akhir. Informasi awal didapatkan dari produsen atau petani biji kopi arabika untuk mengetahui lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasarannya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner) kepada petani kopi arabika yang terpilih sebagai responden. Observasi dilakukan untuk mengamati fenomena pemasaran kopi yang ada di lokasi penelitian, untuk melengkapi informasi yang tidak tercantum dalam daftar pertanyaan. Data sekunder adalah data yang di peroleh dari hasil studi kepustakaan maupun publikasi resmi dari berbagai instansi. Data tersebut bersumber dari jurnal-jurnal penelitian, literatur dan buku-buku kepustakaan yang berhubungan dengan penelitian ini serta publikasi Badan Pusat Statistik. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Total pendapatan usahatani kopi arabika Di Desa Lumban Barat Kecamatan Paranginan per tahun sebesar Rp. 624.669.000. dengan rata-rata Rp. 20.282.300. 2) Efisiensi usahatani kopi Di Desa Lumban Barat Kecamatan Paranginan dengan rata-rata sebesar 3,4987. 3) pola saluran pemasaran kopi di daerah penelitian yaitu : Saluran Pemasaran 1 : petani  pedagang pengumpul desa  pedagang pengumpul kecamatan  pedagang besar luar kota. Saluran Pemasaran II : petani  pedagang pengumpul kecamatan  pedagang besar luar kota. Pada saluran I margin pemasaran yang diterima oleh pedagang pengumpul desa sebesar 2.500/Kg atau 2,28%. Pada saluran II margin pemasaran yang paling tinggi diterima oleh pedagang pengumpul kecamatan. sebesar Rp. 49.500/Kg atau 45,99%.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12816
    Collections
    • Agribisnis [295]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback