Pengaruh Harga, Distribusi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie Oleh Generasi Z di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh harga, distribusi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie oleh Generasi Z di Kota Medan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kota Medan, dengan jenis sampling non-probability sampling dan besarnya sample ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 200 responden . Data dikumpulkan melalui pendistribuan kuesioner secara daring dan luring dengan skala pengukuan Likert Scale. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier berganda . Pengujian hypotesa dilakukan dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi (R²), setelah melalui uji Normalitas data, dan uji Validitas dan Reliabiltas instrumen penelitian.
Hasil analisis data dengan regressi berganda berganda diperoleh koefisien regressi berganda yang positif dan signifikan. Berdasarkan uji hypotesa secara parsial (uji -t) dan secara simultan (Uji F) disimpulkan bahwa harga, distribusi, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie oleh Generasi Z di Kota Medan dan, citra merek merupakan variable yang paling dominan mepengaruhi keputusan pembelian. Dengan nilai R2 (0.788) berarti bahwa ketiga-tiga variable independent tersebut menjelaskan 78 % variabilitas data dalam keputusan pembelian mis instant merek Indo Mie oleh Gen Z di Kota Medan dan sisanya di pengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Implikasi manajerial i hasil penelitian ini untuk produsen, mie instant merek Indo Mie adalah supaya menetapkan harga yang terjangkau , mengembangkan jaringan distribusi yang lebih luas , serta mempertahankan citra merek untuk meningkatkan konsumsi atau penjulan mie instant merek Ind Mie segmen Generasi Z di Kota Medan.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [247]