PENGARUH HARGA,PENGATURAN TEMPAT DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PASAR RAYA MEDAN MEGA TRADE CENTER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh harga, pengaturan tempat dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Pasar Raya Medan Mega Trade Center, Penelitian ini di laksanakan di Pasar Raya Medan Mega Trade Center, Penelitian ini dilakukan oleh peneliti pada bulan Maret 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini calon pembeli dan konsumen yang membeli di Pasar Raya Medan Mega Trade Center, sampel dalam penelitian ini 96 sampel, adapun hasil penelitian adalah Harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian karena, Nilai Sig. = 0.000 < 0.05, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima, namun dengan arah negatif. Artinya, semakin tinggi harga barang, semakin rendah keputusan pembelian, Pengaturan Tempat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian karena, Nilai Sig. = 0.026 < 0.05, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Artinya, terdapat pengaruh signifikan antara pengaturan tempat dan keputusan pembelian, Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian karena, Nilai Sig. = 0.000 < 0.05, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Maka, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, Harga, Pengaturan Tempat dan Kualitas Produk secara simultan atau secara bersama sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Karena nilai F hitung sebesar 85.403 dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.001. Karena nilai Sig. < 0.05, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Artinya, terdapat pengaruh simultan yang signifikan antara Harga, Pengaturan Tempat, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Hasil ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama ketiga variabel bebas mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada keputusan pembelian konsumen di Pasar Raya Medan Mega Trade Center secara meyakinkan dan signifikan, Hasil koefisien determinasi (R²) dapat diketahui nilai koefisien determinasi diperoleh nilai R sebesar 0.858 dan R² sebesar 0.736. Artinya, sebesar 73,6% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga, pengaturan tempat, dan kualitas produk dalam model regresi yang digunakan. Sementara sisanya, yaitu sekitar 26,4%, dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [247]