Show simple item record

dc.contributor.authorZiliwu, Intan Magdalena
dc.date.accessioned2025-09-25T04:09:53Z
dc.date.available2025-09-25T04:09:53Z
dc.date.issued2025-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12686
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tunanetra Di Perguruan Tinggi. Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisis tentang penyesuaian diripada mahasiswa tunanetra di perguruan tinggi, dapat ditarik kesimpulan bahwa gambaran proses penyesuaian diri yang dilalui oleh kedua partisipan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa poin kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut:Kesadaran Diri dan Transformasi Identitas sebagai Penyandang Disabilitas: Mahasiswa tunanetra mampu membangun kesadaran diri sebagai penyandang disabilitas, menerima kondisinya, dan menjadikannya bagian dari identitas yang positif. Perubahan dari rasa minder menjadi keterbukaan diri adalah tanda transformasi identitas ini, yang memungkinkan mahasiswa tunanetra untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan kampus mereka. Strategi dalam Penyesuaian Diri terhadap Tantangan Sosial, Emosional, dan Lingkungan Akademik: Partisipan menggunakan strategi seperti pengendalian emosi, komunikasi terbuka, dan mencari dukungan untuk mengatasi hambatan dalam berinteraksi sosial, menjaga stabilitas emosional, dan menyesuaikan diri dengan perguruan tinggi. Peran Dukungan Sosial dan Lingkungan terhadap Kepercayaan Diri: Teman, keluarga, dan dosen membantu mahasiswa tunanetra menjadi lebih percaya diri. Adaptasi sosial dan akademik lebih mudah dalam lingkungan yang menunjukkan empati dan bantuan nyata.  en_US
dc.subjectPenyesuaian diri,en_US
dc.subjectMahasiswa,en_US
dc.subjectTunanetraen_US
dc.titlePENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TUNANETRA DI PERGURUAN TINGGIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record