Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Friska
dc.date.accessioned2025-09-19T10:06:26Z
dc.date.available2025-09-19T10:06:26Z
dc.date.issued2025-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12574
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa aktif pada angkatan 2021-2024 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 mahasiswa yang dipilih melalui teknik Porposive Random Sampling, dan disebarkan menggunakan Google Form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SPSS 25. Pengujian hipotesis dengan menggunakan pendekatan regresi linier berganda dengan hasil Y=12,649 + 0,237X1 + 0,061X2 + 0,170X3, dimana koefisien regresi Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment dan Self Control berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa FEB Universitas HKBP Nommensen Medan. Berdasarkan Uji Parsial (Uji t) dimana thitung > ttabel dengan nilai X1 8,102>1,984 dan nilai Sig. 0,00<0,05, nilai X2 2,271>1,984 dan nilai Sig. 0,08<0,05, nilai X3 4,848>1,984 dan nilai Sig. 0,00<0,05, pada Uji simultan (F) dimana Thitung >Ttabel dengan nilai 53,532>2,70 dan nilai Sig. 0,00<0,05. Dan hasil uji (R2) dengan nilai Adjusted R Square 61,4% . Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel berpengaruh secara parsial yaitu : Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Konsumtif, Penggunaan Digital Payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif dan Self Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan.en_US
dc.subjectLiterasi Keuangan,en_US
dc.subjectDigital Payment,en_US
dc.subjectSelf Control,en_US
dc.subjectdan Perilaku Konsumtifen_US
dc.titlePENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT, DAN SELF CONTROL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record