Show simple item record

dc.contributor.authorAmbarita, Rosa Elisabet
dc.date.accessioned2025-09-19T10:01:57Z
dc.date.available2025-09-19T10:01:57Z
dc.date.issued2025-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12573
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh keunggulan kompetitif pada UKM ulos di Kota Medan. Penelitian ini melibatkan 54 responden yang merupakan pemilik usaha ulos, dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif serta kinerja pemasaran. Selain itu, keunggulan kompetitif terbukti berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran. Temuan ini menegaskan bahwa orientasi pasar yang kuat dapat mendorong daya saing dan mendukung pencapaian kinerja pemasaran yang lebih optimal pada UKM ulos.en_US
dc.subjectorientasi pasar,en_US
dc.subjectkeunggulan kompetitif,en_US
dc.subjectkinerja pemasaran,en_US
dc.subjectUKM ulos,en_US
dc.subjectSmartPLS 4en_US
dc.titleORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN KOMPETITIF UKM ULOS DI KOTA MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record