• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KETERAMPILAN 4C (COLLABORATION, COMMUNICATION, CRITICAL THINKING, CREATIVITY) PADA SISWA SMP KLS VIII SMP SWASTA NASRANI 2 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    Fitri Sapanriah Simanjorang.pdf (2.192Mb)
    Date
    2025-07
    Author
    Simanjorang, Fitri Sapanriah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan metode semi-eksperimental dengan pendekatan kuasi-eksperimental untuk menguji pengaruh Project-Based Learning (PjBL) terhadap pengembangan keterampilan 4C (Kreativitas, Berpikir Kritis, Komunikasi, dan Kolaborasi) di kelas VIII SMP Swasta Nasrani 2 Medan. Implementasi proyek Peer-to-Person digunakan sebagai strategi untuk mencapai peningkatan keterampilan 4C dalam pembelajaran. Penelitian ini melibatkan 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel praktis, yang dipilih berdasarkan kemudahan akses serta efisiensi waktu dan biaya. Analisis data menggunakan metode regresi linear sederhana untuk mengukur hubungan antara penerapan PjBL dengan peningkatan keterampilan 4C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL dalam Kurikulum Merdeka terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan 4C siswa. Analisis statistik menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan kontribusi pengaruh sebesar 86,1%, sehingga menegaskan bahwa PjBL merupakan strategi pembelajaran yang relevan untuk mendukung kompetensi abad ke-21.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12431
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [287]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback