ANALISIS CBR (CALIFORNIA BEARING RATIO) TANAH DASAR TERHADAP HASIL DCP (DYNAMIC CONE PENETROMETER) PADA TANAH GAMBUT PADA PEMBANGUNAN JALAN SIBORONG- BORONG BY PASS
Abstract
Pembangunan infrastruktur jalan merupakan faktor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat. Salah satu tantangan utama dalam pembangunan jalan adalah kestabilan tanah dasar, terutama pada tanah gambut yang memiliki daya dukung rendah, kadar organik tinggi, serta tingkat kompresibilitas yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan metode yang efektif untuk mengevaluasi kekuatan tanah sebelum konstruksi dilakukan. Pengujian CBR (California Bearing Ratio) sering digunakan sebagai parameter utama untuk menilai daya dukung tanah, tetapi metode ini memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar. Sebagai alternatif, metode DCP (Dynamic Cone Penetrometer) semakin banyak diterapkan karena lebih cepat dan ekonomis.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara nilai CBR dan hasil DCP pada tanah gambut di proyek pembangunan Jalan Siborong-Borong By Pass. Data diperoleh melalui pengujian DCP di beberapa titik lokasi, kemudian dikorelasikan dengan nilai CBR. Analisis dilakukan menggunakan metode regresi dan korelasi untuk mendapatkan estimasi nilai CBR berdasarkan hasil DCP. Selain itu, metode perbaikan tanah, seperti timbunan pilihan dan penggunaan geotekstil, juga dievaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CBR tanah gambut di lokasi penelitian berada pada kisaran 0,80% hingga 4,54%, yang tergolong rendah. Dengan demikian, metode stabilisasi tanah seperti perataan, timbunan pilihan, dan penggunaan geotekstil terbukti meningkatkan daya dukung tanah, sehingga dapat mendukung keberhasilan pembangunan jalan di atas tanah gambut.
Collections
- Sipil [317]