PENGARUH INTEGRITAS DAN PENERAPAN E-KINERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR GUBERNUR SUMATERA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh integritas dan penerapan E-Kinerja terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Gubernur Sumatera Utara. Integritas pegawai, yang mencerminkan komitmen terhadap norma dan etika, dianggap sebagai fondasi penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang professional dan akuntabel. Sementara itu, penerapan E-Kinerja sebagai sistem berbasis teknologi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pemantauan serta evaluasi kinerja pegawai.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil di Kantor Gubernur Sumatera Utara yang berjumlah 343 pegawai. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 185 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pegawai di Kantor Gubernur Sumatera Utara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa integritas dan penerapan E-Kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Gubernur Sumatera Utara. Penelitian ini memberikan rekomendasi konkret bagi pengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas birokrasi melalui peningkatan integritas dan penerapan sistem E-Kinerja yang lebih efektif . Dengan demikian, diharapkan kinerja pegawai di instansi pemerintah dapat meningkat secara signifikan, yang pada gilirannya akan berkontribusi pada perbaikan kualitas pelayanan publik di Indonesia.
Collections
- Ilmu Administrasi Negara [295]