PENGARUH PENDEKATAN BERDIFERENSIASI BERMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA FASE E SMKS TELADAN SUMATERA UTARA 2
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKS Teladan Sumatera Utara 2 berjumlah 60 siswa-siswi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel populasi seluruh siswa kelas X SMK, sehingga diperoleh sampel 60 siswa-siswi. Penelitian ini menggunakan Two Group Posttest- Only Control Design. Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks negosiasi di kelas X SMKS Teladan Sumatera Utara 2 menggunakan pendekatan berdiferensiasi bermodel pembelajaran cooperative learning diperoleh skor terendah 40 dan skor tertinggi 95 dengan rata-rata 68,66 berdasarkan hasil perhitungan yang dilkukan diperoleh Thitung = 4,38 dan Ttabel = 1,69. Dengan taraf signifikan 1,69 menuju Thitung > Ttabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan berdiferensiasi bermodel pembelajaran cooperative learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks negosiasi kela X SMKS Teladan Sumatera Utara 2.