Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE dengan Berbantuan Podcast terhadap Keterampilan Berbicara pada Materi Debat Kelas XI SMA Parulian 1 Medan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dengan Berbantuan Podcast terhadap keterampilan berbicara pada materi debat siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI berjumlah 103. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas pretest dan posttest.
Teknik anlisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, setelah itu dilakukan penelitian untuk kelas pretest dan kelas posttest dengan menggunakan model pembelajaran RICOSRE dengan berbantuan podcast diperoleh nilai rata rata kelas pretest 54.93 dengan standar deviasi 9.74 dan nilai rata-rata kelas postest 82.25 dengan standar deviasi 4.81. Hasil uji prasyarat kelas pretest dan posttest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel taraf signifikan 5% dengan dk = (N1+N2)-2 = 62. Dengan melihat nilai ttabel diperoleh nilai ttabel 5% = 1.99. Oleh sebab itu, diperoleh thitung > ttabel (36.79 > 1.99). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesi HO ditolak dan hipotesi Ha diterima.