“Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas XI di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2.
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 2 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas XI di Smk Swasta Teladan Sumatera Utara 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan design one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI berjumlah 58 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data pada data pretest diperoleh rata-rata (53,38) dengan standar deviasi (8,79) dan rata-rata pada data posttest (81,53) dengan standar deviasi (7,24). Hasil uji data kelas menyatakan data berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji-t pada taraf signifikan �� = 0,05 diperoleh Thitung>Ttabel (13.67 > 2.06). dengan demikian disimpulkan bahwa model Cooperative Script berpengaruh signifikan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita.