Show simple item record

dc.contributor.authorLumban Gaol, Handewi
dc.date.accessioned2025-06-10T10:04:49Z
dc.date.available2025-06-10T10:04:49Z
dc.date.issued2025-06
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12260
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baktiraja Tahun Pembelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa yang disebabkan oleh keterbatasan akses terhadap sumber referensi yang berkualitas, kurangnya pemahaman struktur karya ilmiah, serta lemahnya penguasaan tata bahasa dan ejaan sesuai standar ilmiah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain two group posttest only, di mana kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran berbasis multiliterasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 59,83 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai 42,83. Uji normalitas menunjukkan bahwa data kedua kelompok berdistribusi normal, dan uji homogenitas menyatakan bahwa varians data kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menghasilkan Thitung (3,87) > Ttabel (2,000), sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran multiliterasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah berbentuk makalah siswa. Model ini efektif dalam membantu siswa menyusun struktur makalah, menggunakan bahasa akademik, mengorganisasi isi, serta mengembangkan argumen secara kritis dan logis. Oleh karena itu, model pembelajaran multiliterasi direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis ilmiah di tingkat sekolah menengah.en_US
dc.subjectModel pembelajaran multiliterasi,en_US
dc.subjectketerampilan menulis,en_US
dc.subjectkarya ilmiah,en_US
dc.subjectkuantitatif,en_US
dc.subjectsiswa SMAen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Baktiraja.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record