PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMODEL BERBASIS MASALAH KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA SMAS GKPI PADANG BULAN TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Penelitian ini tentang Pembelajaran berdiferensiasi bermodel berbasis masalah sangat terbatas dalam hal ini, dilakukan penelitian dilakukan menulis teks biografi pada kelas X di SMAS GKPI Padang Bulan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan pembelajaran berdiferensiasi bermodel Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa SMAS GKPI Padang Bulan Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain penelitian two group posttest - only control design. Populasi penelitian 78 siswa dengan sampel 52 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang lulus KKM dalam menulis teks biografi berjumlah 1 orang, dan setelah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi bermodel Berbasis Masalah terdapat 17 siswa yang mencapai KKM. Didapat thitung > ttabel yaitu 7.6111> 2000. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berdiferensiasi bermodel Berbasis Masalah meningkatkan keterampilan menulis teks biografi siswa pada jenjang SMA Kelas X.