PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BIMBINGAN KRITIK DAN APRESIASI SASTRA (BKAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VII SMP KATOLIK MARIANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Bimbingan Kritik dan Apresiasi Sastra (BKAS) terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas VII di SMP Katolik Mariana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik sensus sampling.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca puisi yang mencakup aspek ekspresi, gaya membaca, intonasi, dan lafal, serta lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca puisi setelah diterapkannya strategi BKAS. Nilai rata-rata pretest sebesar 41,76, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 85,7. Hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti strategi BKAS berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca puisi siswa.
Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran sastra yang lebih interaktif dan apresiatif, serta dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengimplementasikan metode pengajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa.