• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BIMBINGAN KRITIK DAN APRESIASI SASTRA (BKAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS VII SMP KATOLIK MARIANA

    Thumbnail
    View/Open
    Sonia Veronika Simangunsong.pdf (7.444Mb)
    Date
    2025-06
    Author
    Simangunsong, Sonia Veronika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Bimbingan Kritik dan Apresiasi Sastra (BKAS) terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas VII di SMP Katolik Mariana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik sensus sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca puisi yang mencakup aspek ekspresi, gaya membaca, intonasi, dan lafal, serta lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca puisi setelah diterapkannya strategi BKAS. Nilai rata-rata pretest sebesar 41,76, sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 85,7. Hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel pada taraf signifikansi 0,05, yang berarti strategi BKAS berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca puisi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran sastra yang lebih interaktif dan apresiatif, serta dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengimplementasikan metode pengajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12254
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback