• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAS YAPIM

    Thumbnail
    View/Open
    PELITA NAJELINA SILABAN.pdf (9.520Mb)
    Date
    2025-06
    Author
    Silaban, Pelita Najelina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAS YAPIM Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan two group pretest and postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan jumlah 50 siswa. Sampling total merupakan metode pengambilan sampel karena populasi dibawah 100 orang, karena populasi terdiri dari 2 kelas maka 2 kelas tersebut menjadi sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari analisa data diperoleh hasil pretest dikelas kontrol menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 48,96, sedangkan hasil postest dikelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 78.04. Dari hasil analisis data penelitian ini membuktikan, bahwa uji normalitas pada kelas kontrol memperoleh hasil yang baik. L_hitung < L_tabel = 0,1589 < 0,173 uji normalitas kelas eksperimen diperoleh diperoleh hasil L_hitung < L_tabel = 0,1349< 0,173, uji Homogenitas diperoleh hasil F_hitung < F_(tabel ) atau 0,1336 < 4,260, dan uji hipotesis diperoleh hasil T_(hitung )> T_(tabel )atau 9,2455> 1.70814. Dengan demikian, hipotesis nihil (H_O) ditolak dan hipotesis (H_a) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran guided inquiri telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas Kelas X SMAS YAPIM Tahun pelajaran 2024/2025.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12253
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback