PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAS YAPIM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAS YAPIM Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan two group pretest and postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan jumlah 50 siswa. Sampling total merupakan metode pengambilan sampel karena populasi dibawah 100 orang, karena populasi terdiri dari 2 kelas maka 2 kelas tersebut menjadi sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari analisa data diperoleh hasil pretest dikelas kontrol menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 48,96, sedangkan hasil postest dikelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 78.04. Dari hasil analisis data penelitian ini membuktikan, bahwa uji normalitas pada kelas kontrol memperoleh hasil yang baik. L_hitung < L_tabel = 0,1589 < 0,173 uji normalitas kelas eksperimen diperoleh diperoleh hasil L_hitung < L_tabel = 0,1349< 0,173, uji Homogenitas diperoleh hasil F_hitung < F_(tabel ) atau 0,1336 < 4,260, dan uji hipotesis diperoleh hasil T_(hitung )> T_(tabel )atau 9,2455> 1.70814. Dengan demikian, hipotesis nihil (H_O) ditolak dan hipotesis (H_a) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran guided inquiri telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas Kelas X SMAS YAPIM Tahun pelajaran 2024/2025.