• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 37 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    Sarah Monica Uli Siregar.pdf (5.025Mb)
    Date
    2025-06
    Author
    Siregar, Sarah Monica Uli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Outdoor Experiential Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan. Rumusan masalah mencakup keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta pengaruh model tersebut terhadap keterampilan menulis. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif, dengan pengukuran keterampilan menulis melalui pre-test dan post-test. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pre-test dan post-test penggunaan model pembelajaran Outdoor Experiential Learning, diperoleh nilai pre-test menunjukkan rata-rata 58,28 dengan simpangan baku 16,42, sedangkan post-test menunjukkan rata-rata nilai 78,28 dengan simpangan baku 13,41. Analisis data menunjukkan bahwa nilai tertinggi pre-test adalah 85 dan terendah 25, sedangkan post-test memiliki nilai tertinggi 100 dan terendah 40. Dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung sebesar 25,151 dan ttabel 2,042 pada taraf signifikan 0,05, yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Outdoor Experiential Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Outdoor Experiential Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan, yang tercermin dari peningkatan nilai rata-rata antara pre-test dan post-test. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12251
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback