PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 37 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Outdoor Experiential Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan. Rumusan masalah mencakup keterampilan menulis siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta pengaruh model tersebut terhadap keterampilan menulis. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif, dengan pengukuran keterampilan menulis melalui pre-test dan post-test.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pre-test dan post-test penggunaan model pembelajaran Outdoor Experiential Learning, diperoleh nilai pre-test menunjukkan rata-rata 58,28 dengan simpangan baku 16,42, sedangkan post-test menunjukkan rata-rata nilai 78,28 dengan simpangan baku 13,41. Analisis data menunjukkan bahwa nilai tertinggi pre-test adalah 85 dan terendah 25, sedangkan post-test memiliki nilai tertinggi 100 dan terendah 40. Dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung sebesar 25,151 dan ttabel 2,042 pada taraf signifikan 0,05, yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Outdoor Experiential Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa.
Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Outdoor Experiential Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan, yang tercermin dari peningkatan nilai rata-rata antara pre-test dan post-test. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.