Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan audiovisual terhadap menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sumpling, (area sumpling), yakni seluruh kelas dipilih secara acak dari kelas X-1 sampai kelas X-11. Sehingga kelas yang terpilih dan menjadi sampel penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-5 berjumlah 66 siswa. Instrumen yang dipakai adalah tes subjektif dalam bentuk esai.
Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 65,93 dengan standar deviasi 17,50 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 77,21 dengan standar deviasi sebesar 15,98. Dari hasil uji prasyarat menyatakan bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen. Selanjutkan dilakukan uji “t” satu pihak (α= 0,05). Dari hasil uji “t” satu pihak disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran think talk write berbantuan audiovisual terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan. Selama pembelajaran di kelas kontrol dan eksperimen, diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian baik.