PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS XI SMA MARKUS MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XI SMA Markus Medan Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Markus Medan Tahun Ajaran 2024/2025 berjumlah 140 orang yang terbagi empat kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS – 1 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Samping insidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest Penggunaan model pembelajaran mastery learning, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 55,28 dengan simpangan baku 10,02 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 72,15 dengan simpangan baku 96,68 Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, thitung > ttabel (8,10 >1,672), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XI SMA Markus Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.