Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK yang berjumlah 622 orang yang terbagi dalam sembilan belas kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI PH 3 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest Penggunaan Media Pembelajaran Quizlet, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 61,29 dengan simpangan baku 1,27 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 79,20 dengan simpangan baku -1,41. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (8,82 > 1.99), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025.