• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Aplikasi ChatGPT Pada Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas Xi Dpib 2 SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2024/2025

    Thumbnail
    View/Open
    IMMANUEL SANTOSO.pdf (3.910Mb)
    Date
    2025-06
    Author
    Santoso, Immanuel
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ChatGPT terhadap kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI DPIB 2 SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen posttest-only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi ChatGPT dan kelas kontrol yang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis teks argumentasi dan dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan menulis siswa pada kelas kontrol adalah 51,87 (kategori cukup), sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 78,67 (kategori baik). Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2- tailed) < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ChatGPT berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks argumenta
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12243
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback