Pengaruh Penggunaan Aplikasi ChatGPT Pada Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas Xi Dpib 2 SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ChatGPT terhadap kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas XI DPIB 2 SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen posttest-only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi ChatGPT dan kelas kontrol yang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis teks argumentasi dan dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan menulis siswa pada kelas kontrol adalah 51,87 (kategori cukup), sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 78,67 (kategori baik). Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2- tailed) < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi ChatGPT berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks argumenta