Show simple item record

dc.contributor.authorNdruru, Lenta Willian
dc.date.accessioned2025-05-23T07:54:11Z
dc.date.available2025-05-23T07:54:11Z
dc.date.issued2025-05
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12152
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, dan Mental Accounting terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z Sebagai Pelaku UMKM (Studi Kasus di Kecamatan Medan Perjuangan). Populasi dalam penelitian ini yaitu Generasi Z sebagai pelaku UMKM dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 pelaku UMKM dengan rumus Lemeshow, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SPSS Versi 27. Pengujian hipotesis dengan menggunakan pendekatan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan nilai signifikansi untuk Literasi Keuangan (X1) sebesar <,001 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 4.409 > ttabel 1.6607 sehingga dinyatakan bahwa Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Keuangan Gen Z. (2) hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan nilai signifikansi untuk Mental Accounting (X2) sebesar <,001 < 0,05 dan nilai thitung 3.688 > ttabel 1.6607 sehingga dinyatakan bahwa Mental Accounting berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Keuangan Gen Z. Nilai Fhitung 14.562 > Ftabel 3,09 sehingga dinyatakan terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara Bersama-sama (simultan). Nilai Adjusted R Square yang besarnya 0,215 menunjukkan bahwa literasi keuangan dan mental accounting, menjelaskan variabel terikat perilaku keuangan generasi Z sebesar 21,5% artinya Literasi Keuangan dan Mental Accounting memiliki proporsi pengaruh terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z sebagai Pelaku UMKM sebesar 21,5% dan sisanya 78.5% dipengaruhi oleh variabel lainnya.en_US
dc.subjectLiterasi Keuanganen_US
dc.subjectMental Accountingen_US
dc.subjectPerilaku Keuanganen_US
dc.titlePENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN MENTAL ACCOUNTING TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GENERASI Z SEBAGAI PELAKU UMKM (Studi Kasus di Kecamatan Medan Perjuangan)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record