Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Ulang Masyarakat Pada Air Minum Aqua Galon Di Kecamatan Medan Perjuangan
Abstract
Kebutuhan air bersih saat ini semakin meningkat terlebih kebutuhan akan air minum karena jumlah penduduk semakin bertambah, sehingga mengakibatkan polusi terhadap air dari kegiatan masyarakat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kepercayaan merek terhadap minat beli ulang masyarakat pada air minum Aqua galon di Kecamatan Medan Perjuangan. Metode Penelitian : Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penarikan sampel nonprobability sampling dan pendekatan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada masyarakat di Kecamatan Medan Perjuangan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis linear regresi berganda yang diawali dengan uji validitas, uji reabilitas, asumsi klasik, koefisien determinasi (R2), serta uji hipotesis dengan uji F dan uji t yang dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 25.
Hasil Penelitian : Berdasarkan uji linear regresi berganda menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh negatif terhadap Minat Beli (Y) dengan koefisien sebesar –0,001 yang artinya apabila variabel Harga (X1) meningkat satu satuan maka Minat Beli (Y) akan mengalami penurunan sebesar 0,001 sedangkan Kepercayaan Merek (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap Minat Beli (Y) dengan koefisien regresi sebesar 0,458 yang artinya apabila variabel Kepercayaan Merek (X2) meningkat satu satuan, Minat Beli (Y) akan meningkat pula sebesar 0,458. Hasil uji t menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y), Kepercayaan Merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). pada hasil uji F harga (X1) dan Kepercayaan merek (X2) secara simultan berpengaruh siginifikan terhadap minat beli ulang masyarakat (Y) pada air minum Aqua galon di Kecamatan Medan Perjuangan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,589 artinya bahwa variabel minat beli mampu dijelaskan oleh variabel harga dan kepercayaan merek sebesar 58,9%. Sedangkan sisanya sebesar 41,1% dijelaskan oleh variabel lain misalnya iklan, citra merek dan promosi. Peneliti menyarankan produk Aqua selalu menjaga kualitas sumber airnya dan selalu mengontrol kualitas standar mutu yang tinggi supaya minat beli terhadap Aqua galon akan tetap mengalami peningkatan.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [226]