• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN TREN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THRIFTING PADA GENERASI Z DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    Lasmina Kajol Simanjorang.pdf (5.638Mb)
    Date
    2025-05
    Author
    Simanjorang, Lasmina Kajol
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    keputusan pembelian thrifting pada Generasi Z di kalangan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian 96 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedatisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil Penelitian : Berdasarkan uji linier berganda menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan koefisien sebesar -0,284 yang artinya apabila variabel Harga (X1) satu satuan maka keputusan pembelian (Y) akan mengalami penurunan sebesar 0,284, sedangkan kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap “Keputusan Pembelian” dengan koefiesien regresi sebesar 0,089 yang artinya apabila variabel kualitas produk (X2) meningkat satu satuan, Keputusan Pembelian (Y) ini akan meningkat pula sebesar 0,089, sedangkan Tren (X3) mempunyai pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan koefisien regresi sebesar 0,481 yang artinya apabila variabel Tren (X3) meningkat satu satuan, Keputusan Pembelian (Y) ini akan meningkat pula sebesar 0,41. Hasil uji t menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, namun dengan arah negatif, Kualitas Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Tren (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). diperoleh nilai thitung pada variabel harga sebesar 2,530 dimana nilai tersebut > dari ttabel 1,661 dan nilai signifikan pada variabel harga adalah 0,013 < 0,05 (5%). Pada variabel kualitas produk diperoleh nilai thitung sebesar 0,960 dimana nilai tersebut < dari ttabel 1,661 dan nilai signifikan pada variabel kualitas produk adalah 0,340 > 0,05 (5%). Pada variabel tren diperoleh nilai thitung sebesar 5,874 dimana nilai tersebut > dari ttabel 1,661 dan nilai signifikan pada variabel tren adalah 0,000 < 0,05 (5%). Maka dapat disimpulkan, bahwa harga dan tren berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian thrifting, sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh. Dan uji F diperoleh nilai fhitung sebesar 20,300 dimana nilai ini > dari Ftabel sebesar 2,70. Beserta nilai signifikansi sebesar 0,000 < dari taraf signifikansi sebesar 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan harga, kualitas produk, dan tren secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 37,9% dari variabel dependen (keputusan pembelian). Sementara itu 62,1% sisanya dijelaskan oleh faktor lain, dari variabel penelitian ini, seperti prefensi individu, gaya hidup, promosi, atau faktor eksternal lainnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku usaha thrifting dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12098
    Collections
    • Ilmu Administrasi Niaga [226]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback