PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HAND AND BODY LOTION VASELINE PADA MAHASISWI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat atau mengetahui ada atau tidak pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian produk Hand and Body Lotion Vaseline pada mahasiswi Universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterosdekadastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t dan uji koefisien determinasi (R2) yang diolah melalui SPSS Statistik versi 25.
Populasi penelitian ini sebanyak 3.317 orang dan jumlah sampel yang terpilih menggunakan rumus Slovin sebanyak 97 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa nilai signifikasi Citra Merek (X1) = 0,000 < 0,05 atau thitung = 5.504 > ttabel 1.984 atau H0 ditolak dan H1 diterima dan nilai signifikansi dari Harga (X2)=0,000 < 0,05 atau thitung = 8.947 > ttabel 1.984 atau H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya Citra Merek dan Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Nilai signifikansi variabel X1 dan X2 adalah 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 39.617 > Ftabel 3.09 atau H0 ditolak dan H1 diterima artinya Citra Merek (X1) dan Harga (X2) memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan Pembelian (Y). Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan yaitu Y= 7.698+0.028X1+0.811X2. Sementara Koefisien Determinasi (R Square) menunjukkan bahwa keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Citra Merek dan Harga sebesar 45,7% dan sisanya 54,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [226]