PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS VIII SMP GAJAH MADA MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan alat pengumpulan data menggunakan angket skala linkert dalam bentuk checklist yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Setelah dilakukan Uji Statistik Korelasi product moment Pearson. Dari hasil pengujian korelasi diperoleh (r) 0,59 dengan uji determinasi sebesar 34,81 % dan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya koefisien korelasi pada taraf (a) = 0,05 maka diadakan uji "t" dengan kriteria pengujian jika t_hitung yang diperoleh dari perhitungan lebih besar (>) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk=n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel (3,35>1,72), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan adanya keterkaitan antara pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan.