Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ClassPoint Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas XI SMA Negeri 1 Sibolangit
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ClassPoint Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas XI SMA Negeri 1 Sibolangit.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang. Dengan alat pengumpulan data adalah angket dalam bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen.
Setelah dilakukan Uji Statistik Korelasi product moment Pearson. Dari hasil pengujian korelasi diperoleh (r) 0,63 dengan uji determinasi sebesar 39,69 % dan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya koefisien korelasi pada taraf (a) = 0,05 maka diadakan uji "t" dengan kriteria pengujian jika t_hitung yang diperoleh dari perhitungan lebih besar (>) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk=n-2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel (4,58 > 1,69), maka hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ClassPoint Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas XI SMA Negeri 1 Sibolangit.