dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Peserta Didik Kelas Xl SMA Negeri 2Pangururan. penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian Two grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xl dengan jumlah 64 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas Xl sebanyak 32 siswa dan Xl sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Model Pembelajaran Berbasis Masalah, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 54,53 dengan simpangan baku 10,99 dan pada kelas eksperimen yaitu 78,28 dengan simpangan baku 10,72 dan nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol yaitu 50,95 dengan simpangan baku 5,966 dan pada
kelas eksperimen yaitu 80,4 dengan simpangan baku 10,72. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ = 0,05, diperoleh thitung > ttabel (0,1246 < 0,1542), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Peserta Didik Kelas Xl SMA Negeri 2 Pangururan. | en_US |