• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Kewarganegaraan
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Kewarganegaraan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN DAN KEPEMIMPINAN SISWA (PROSES PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM KONTEKS PENDIDIKAN PACASILA DAN KEWARGANEGARAAAN) DI SMP ADHYAKSA MEDN

    Thumbnail
    View/Open
    AGUSTINUS LAIA.pdf (344.3Kb)
    Date
    2024-10-31
    Author
    LAIA, AGUSTINUS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis pengalaman di SMP Adhyaksa Medan. mengetahui tantangan guru PPKn dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis pengalaman dalam membina kemandirian dan kepemimpinan siswa di SMP Adhyaksa Medan, serta bagaimana implementasi pembelajaran berbasis pengalaman dapat membina kemandirian dan kepemimpinan siswa dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Adhyaksa Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif, yang mengambil lokasi di SMP Adyaksa Medan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasai, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini ialah : (1) Implementasi pembelajaran berbasis pengalaman di SMP Adhyaksa Medan dilaksanakan dengan menyatukan kegiatan praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa ke dalam kurikulum PPKn. Guru memfasilitasi aktivitas seperti diskusi kelompok, kunjungan lapangan.(2) Tantangan dalam implementasi pembelajaran berbasis pengalaman pada mata pelajaran PPKn di SMP Adhyaksa Medan mencakup keterbatasan sumber daya, seperti fasilitas dan bahan ajar yang tidak memadai. (3) Upaya Proyek kelompok, simulasi, dan diskusi reflektif membantu siswa mengembangkan keterampilan mandiri dan kepemimpinan dengan memberikan mereka kesempatan untuk terlibat langsung, mengambil tanggung jawab, dan memimpin dalam berbagai konteks yang relevan dengan pendidikan kewarganegaraan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11453
    Collections
    • Pendidikan Kewarganegaraan [35]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback