• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK FASE-F PADA MATERI SUHU DAN KALOR

    Thumbnail
    View/Open
    PARIDA SITOHANG.pdf (375.1Kb)
    Date
    2024-10-31
    Author
    SITOHANG, PARIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ADDIE yang mencakup lima (5) Langkah kegiatan yaitu, menganalisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-1 yaitu sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan XI-2 yaitu sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang SMA Swasta Markus Medan. Kelayakan produk divalidasi oleh dua orang ahli media, 2 orang ahli validasi soal essay dan 2 orang ahli materi. Uji yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Media pembelajaran berbasis aplikasi KAHOOT pada materi suhu dan kalor ini valid untuk digunakan di sekolah, sesuai dengan hasil dari penilaian dua orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media dengan persentase berturut – turut 77%, 74%, (2) Hasil respon peserta didik dan Pendidik terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi KAHOOT pada materi suhu dan kalor di SMA Swasta Markus Medan secara berturut – turut adalah Sangat Baik, dengan persentase 82%, 92,5%, (3) Hasil nilai posttest peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi KAHOOT pada materi suhu dan kalor di SMA Swasta Markus Medan adalah memiliki Keberhasilan dalam proses berpikir peserta didik dengan dilakukannya uji normalitas, homogenitas, dan uji t dengan nilai signifikansi berturut – turut adalah nilai signifikansi uji normalitas kelas eksperimen 0,200 kelas kontrol 0,143, nilai signifiknsi uji homogenitas Based on Mean 0,653, dan uji t nilai signifikansi 0,00
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11448
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback